Sabtu, 09 Juni 2012

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH SEKOLAH

Masa ujian sekolah telah usai. Pengumuman kelulusan pun sudah dilakukan. Sekarang saatnya memilih sekolah lanjutan yang akan dipilih karena beberapa sekolah telah memulai masa pendaftaran. Nah, kira-kira apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sekolah yang tepat. Berikut hasil diskusi saya dengan beberapa walimurid yang tak lain adalah keluarga dan teman kerja.


Kualitas sekolah. Setiap orangtua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya. Jadi berdasarkan hasil pengamatan saya kualitas sekolah menjadi pertimbangan nomor satu. Kualitas yang dimaksud terkait dengan kurikulum dan proses belajar mengajar, administrasi dan manajemen sekolah, organisasi dan kelembagaan sekolah, sarana prasarana dan tenaga pengajar atau guru di sekolah. Hal ini bisa dilihat dari hasil penilaian secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah atau yang kita kenal dengan akreditasi. Selain itu koleksi prestasi sekolah dapat juga dijadikan acuan untuk menentukan bagus atau tidaknya proses belajar. Sekolah dengan prestasi yang banyak akan lebih difavoritkan daripada yang tidak. 

Selanjutnya yaitu tentang biaya. Jaman sekarang harus cermat dalam pengeluaran termasuk untuk urusan memilih sekolah. Jangan sampai hanya karena mementingkan gengsi maka dipilihlah sekolah elit yang biaya pendidikannya selangit tapi akhirnya berhenti di tengah jalan karena tak ada biaya. Harus ada penyesuaian dengan jumlah pemasukan dalam rumah tangga. 

Beasiswa. Tak bisa dipungkiri sekolah dengan kualitas bagus dan memiliki sarana lengkap biasanya memerlukan biaya yang tak sedikit. Namun jangan berkecil hati karena beberapa sekolah memberikan beasiswa terhadap murid-murid yang berprestasi. 

Jarak antara rumah dan sekolah juga patut menjadi pertimbangan. Ini terkait faktor pengeluaran sehari-hari (ongkos) dan juga keamanan. Jika tak ada pilihan lain maka menitipkan anak di rumah kerabat, masuk pondok pesantren, asrama atau kost bisa jadi pilihan.

Lingkungan dan kultur yang ada di sekolah juga wajib diteliti. Ini dikarenakan lingkungan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Tentunya tak ada orangtua yang mau anaknya terjaring narkoba atau kenakalan remaja yang semakin merajalela akhir-akhir ini. Informasi ini bisa didapat dari masyarakat yang berada di sekitar sekolah tentang bagaimana murid-murid di sekolah tersebut.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar