Senin, 11 Juni 2012

Cara Ajaib Membangkitkan Semangat

Dalam hidup, manusia butuh semangat untuk terus maju menjalani rutinitas sehari-hari. Tak bisa dipungkiri bahwa masalah hidup ini sangat banyak dan beragam. Masalah buat tiap individu memiliki arti yang berbeda-beda. Ada yang memandangnya sebagai bentuk ujian untuk menempa diri menjadi lebih baik dan ada pula yang menganggap sebagai bencana.


Pada dasarnya setiap ada masalah pastilah ada jalan keluar. Tuhan tidak pernah menguji manusia melebihi batas kemampuan dari manusia tersebut. Jadi tak usah khawatir bagaimana mengatasinya. Tetap lakukan yang terbaik dan berpasrah kepadaNya. 

Nah, di sinilah peran semangat dibutuhkan agar bisa selalu berpositive thinking. Dengan berpositive thinking maka akan tercipta mood yang bagus. Dengan semangat bagaimana pun tantangannya akan selalu dihadapi secara optimal tanpa berkeluh kesah. Tapi semangat dalam diri manusia seperti halnya mood bisa naik dan turun. Butuh motivasi dari dalam diri yang besar untuk selalu mengobarkannya. 

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan semangat lagi. Yang pada intinya adalah pengendalian mood agar selalu stabil. Motivasi dari dalam diri adalah kunci yang utama. Hidup perlu motivasi atau dorongan. Ini bisa berupa dorongan untuk menggapai cita-cita, keinginan membahagiakan orangtua dan lain-lain. Untuk itulah ada baiknya memajang foto keluarga, sahabat atau pacar di tempat kerja. Karena saat stress menghadang bisa mengingatkan bahwa ada orang-orang yang mengharapkan kita meraih kesuksesan. Orang-orang yang selalu mendukung kita dan tentunya tak ada alasan untuk bermalas-malasan hanya gara-gara kehilangan semangat. Merekalah semangat yang sesungguhnya.

Mendengarkan musik bisa menenangkan pikiran. Tak ada salahnya dicoba untuk merelakskan sejenak tubuh dan pikiran dengan memutar sebuah lagu. Saya yakin setelah pikiran jernih semangat akan tumbuh dengan sendirinya. Apalagi jika lagu yang didengarkan memiliki arti atau kenangan khusus.

Selain mendengarkan musik, menonton film juga bisa memberi pencerahan pikiran. Saya termasuk orang yang moodnya cepat terpengaruh oleh adegan film. Film-film yang mempunyai pesan moral yang baik selalu memberi saya pengaruh positif yang pada akhirnya menumbuhkan semangat untuk lebih baik. Laskar Pelangi, Sang Pemimpi dan Negeri Lima Menara adalah beberapa film favorit yang bisa mencharge semangat. 

Life must go on. Hidup harus jalan terus dan pantang mundur untuk itu semangat nggak boleh kendor. Keep spirit and enjoy life! Good luck!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar