Senin, 04 Juni 2012

MENCIPTAKAN SUASANA KERJA YANG ASYIK DAN MENARIK

Perkenalkan nama saya Yan seorang pekerja nggak jelas yang sering uring-uringan. Saya termasuk dalam golongan manusia yang moody. Hmm.. perasaan dan suasana hati begitu mempengaruhi pekerjaan. Boleh dibilang saya memang kurang profesional dalam bekerja. Tapi saya berusaha untuk menjadi seprofesional yang saya bisa, semampu saya.

Nah, ada beberapa faktor  yang kadang mempunyai andil besar untuk mempengaruhi kinerja. Ini berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya pribadi, jadi saya yakin di dunia yang tak sesempit daun kelor pastilah ada banyak masalah kerja di sana yang selalu meneror. Berikut beberapa tips membuat suasana kerja jadi menarik.





Musuh terbesar adalah diri sendiri. Duh!! Asli susah banget ngalahinnya. Ibarat kata Superman dengan mudahnya melawan monster luar angkasa tapi dia begitu sulitnya mengubah kebiasaan buruk pakai CD di luar celana. Hahahha... malas adalah salah satu virus ganas yang dapat membuat semuanya jadi runyam. Dengan adanya si “malas” bersarang dalam otak maka pekerjaan mudahpun akan menjadi sulit bin tak terselesaikan dengan baik. Malas memang hebat, banyak sekali alasan untuk malas. Kurang enak badan, putus pacaran, si dia nggak masuk kantor, macet sampai masalah paling kritikal yaitu gaji tak kunjung bertambah. Lha terus ngobatinnya gimana tho? Usul nih, cari motivasi biar semangat muncul kembali. Buat yang sudah berkeluarga, coba ingat anak yang masih membutuhkan biaya untuk bersekolah atau biar agak ekstrim dikit rekam omelan istri waktu tanggung bulan pas keuangan menipis minta tambahan dana. Buat yang punya status in relationship di fb dan pengen married, ingat nikah butuh modal jadi mesti rajin kerjanya. Setiap orang adalah pribadi unik jadi pasti per-individu punya cara jitu untuk membangkitkan dan menggelitik semangat biar lebih giat bekerja. 

Hubungan dengan teman kerja. Ini perlu lho! Dalam sebuah perusahaan kita adalah team work jadi pasti saling membutuhkan. Jangan sampai nyampurin urusan pribadi dengan kantor. Be professional! Tips sederhana agar akrab dengan teman kerja adalah senyum dan rajin bertegur sapa. Jangan hanya boss yang dapat senyuman, teman juga penting supaya tercipta keharmonisan. Kalau sudah harmonis jadinya kompak dan goal tercapai. Mempunyai silaturahmi yang baik berguna juga jika semangat sedang kendor, di sana peran teman dibutuhkan setidaknya untuk berbagi cerita. Siapa tahu bisa ngasi solusi,... teman memang sangat berguna.

Management ohh management.. setiap perusahaan pasti mempunyai kebijaksanaan sendiri-sendiri tentang karyawannya. Kadang perubahan sistem yang kerap terjadi juga bisa menjadi uneg-uneg tersendiri. Masalah jam lembur, ijin, uang perobatan sampai kenaikan gaji dapat menyulut emosi. Ada baiknya jika menemui masalah semacam ini secepatnya dibicarakan dengan pihak terkait biar lekas clear

Buat tempat kerja semenarik mungkin. Meja kerja yang berantakan bisa jadi penghilang mood lho! Kalau perlu beri sedikit hiasan supaya menarik, tapi jangan terlalu berlebihan heheehe.. Cukup foto keluarga, pacar atau teman. Bisa juga mainan kecil yang lucu. 

Sebenarnya ada saran agak nyentrik buat menghilangkan boring. Sambil dengerin musik biar agak relax coba bayangkan tempat kerja adalah wahana bermain atau dunia fantasi yang menyenangkan. Anggap saja semua orang kantor adalah orang-orang terkenal seperti artis hollywood, bollywood juga boleh. Ciptakan imajinasi, ubah pekerjaan super duper berat menjadi makanan atau hal menarik untuk dikerjakan. Eits!!! Tapi jangan kelamaan ngelamunnya, ini hanya khayalan sementara untuk membangkitkan aura positif biar fit untuk bekerja.

Demikian saran dari saya, selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar